Sabtu, 28 Maret 2015

7 Kelebihan Buku di bandingkan Gadget


“A home without books is a body without soul”
- Marcus Tullius Cisero -

Ngapain punya buku kalo semua bisa lo dapetin dari gadget. Dengan smartphone atau tablet yang lo punya, lo bisa ngedapetin semua yang lo mau mulai dari berita, hiburan, artikel dan lain-lain. Bahkan lo bisa membeli buku lewat e-book yang simpel dan harga yang murah. Tapi kenapa masih banyak penulis yang mengandalkan buku sebagai media promosinya? Ternyata masih banyak yang bilang buku masih lebih baik dibanding dengan gadget. Hmmm…kira-kira apa yah alasannya?


1. Dengan Gadget, Lo Gak Akan Ngerasain Yang Namanya Sensasi di Toko Buku




Pernah gak ke toko buku? atau paling ngga ngeliat jejeran buku yang dipajang di sana? Trus kita asik melihat cover-cover buku yang beragam yang bisa bikin tertarik buat ngebaca sekilas trus membeli. Belum lagi banyaknya buku lama yang dijual terbatas dan kadang harus rebutan dengan calon pembeli lainnya. Atau iseng-iseng ngebaca beberapa halaman setiap buku sebelum dimarahin sama penjaga toko. Itulah beberapa sensasi pas lagi di toko buku dan gak bisa dirasain sama orang yang ngebaca buku cuman lewat dari halaman yang di-slide dan ngeliat review dari layar gadget.

Quote:
2. Dengan Buku, Mata Lo Jauh Lebih Sehat
Spoiler for gambar



Banyak yang bilang kalo sering menggunakan smartphone atau tablet bikin mata lo rusak. Apalagi jika digunakan buat membaca ratusan halaman lewat e-book. Dengan buku membuat mata lo jauh lebih baik bila dibandingin dengan membaca lewat smartphone yang ukurannya lebih kecil atau tablet atau kindle yang membuat mata lo jadi pegel karena cahayanya.


3. Buku Ngejauhin Lo Dari Rutinitas Bersama Gadget




Sadar atau ngga, dari bangun tidur sampe tidur lagi mata dan tangan kita gak pernah jauh dari smartphone. Apa jadinya kalo hobi lo akan membaca disalurin lewat e-book? Lo akan mengalami yang namanya jadi zombie dan makin gak peduli dengan keadaan sekitar. Makanya dengan adanya buku, kebiasaan lo dengan gadget akan berkurang. Lo akan menikmati gimana rasanya hidup tanpa smartphone dan lebih menghargai yang namanya hidup.


4. Lo Gak Akan Terganggu Dengan Notifikasi Yang Mengganggu




Pernah gak lagi serunya nonton film favorit lo di bioskop terus tiba-tiba denger bunyi ringtone atau nada getar di saku? bikin kesel kan? Nah sama aja dengan ngebaca novel atau buku favorit lo. Lagi asik dan serunya tiba-tiba ada notif dari pak bos atau temen lo yang menggangu. Jangan-jangan cuman notif dari sosial media yang lo aktifin. Coba deh sekali-kali lo baca buku, trus matikan notif gadget lo. Lo akan ngalamin betapa indahnya waktu me time lo dengan sebuah buku dan gak keganggu dengan dunia luar.


5. Dengan Buku, Ruangan Lo Jadi Lebih Keren



Ada perasaan puas dan kebanggaan sendiri ketika rumah lo berisi dengan puluhan buku yang berjejer atau bertumpuk. Yup, rumah atau kamar lo akan jauh lebih indah dengan adanya buku. Buku yang bertumpuk dengan berbagai jenis akan mencerminkan karakter lo. Terlebih, buku yang lo pajang akan dibuka oleh pengunjung rumah lo dan membuat mereka betah di rumah. Belum lagi ketika anak lo nanti juga ketularan membaca buku karena pajangan yang telah lo bikin dari buku.


6. Lo Gak Perlu Takut Lagi Kehabisan Batere




Lagi seru-serunya baca eh tiba-tiba batere gadget lo abis, padahal lagi ada di luar kayak coffee shop atau di taman. Pasti malesin. Lain ceritanya kalo lo membaca lewat buku. Kita ini manusia, bukan robot yang gak bisa hidup kalo gak ada colokan. Dengan buku kita akan menggunakan smartphone se-efektif mungkin dilihat dari kegunaan, yah kayak berkomunikasi jarak jauh atau hal penting lainnya.


7. Dengan Buku, Lo Akan Jauh Lebih Menarik




Akui aja deh, kalo ada orang yang suka membaca buku akan jauh lebih menarik dan keren. Apalagi kalo dibandingin dengan orang yang cuman mandangin gadgetnya doang. Katanya dengan memegang buku, lo akan tau karakter orang lewat judul bacaan yang dia bawa. Terlebih ia adalah orang yang selalu ingin tahu dan mencari sesuatu lewat sebuah buku. Wah jadi makin banyak yang naksir deh.

Kalo bukan kita yang membiasakan buku, bisa-bisa generasi nantinya gak akan tau apa itu buku. Tinggal jadi sejarah kayak disket dan kaset.

Sumner http://m.kaskus.co.id/thread/54f415babccb17071a8b456ck